Cara Optimasi SEO Di Blogspot Agar Onpage Pada Blog

SEO
SEO (Search Engine Optimization) Merupakan teknik yang suka tidak suka wajib dikuasi oleh seorang blogger agar blog bisa ramai dan onpage. Artikel onpage di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, AOL dan mesin pencari lainya adalah sesuatu yang banyak sekali diinginkan oleh para blogger tentunya agar pengunjung blog semakin ramai.

Untuk itu saya akan menggunakan platform blogspot untuk mengoptimasi SEO. Kenapa blogspot? karena blogspot walau gratis tapi saya rasa untuk hal SEO sudah cukup bagus, dan alasan lainya karena blogspot adalah platform milik google, jadi saya yakin akan lebih mudah menggunakan platform ini untuk optimasi SEO agar blog onpage.

Blogspot Memiliki Fitur-fitur dan juga atribut yang menurut saya itu sangat bagus untuk optimasi SEO, antara lain fitur :

  • RSS Feeds 
  • Tag Meta 
  • Deskripsi Robots.txt Khusus 
  •  Tag Meta Robot Khusus 
  • Tag Meta Deskripsi 
  • Postingan Properties 
  • Gambar Postingan 
  • Tautan Permanen (Link Artikel) 
Dari 6 fitur blogspot di atas, semuanya akan saya bahas untuk mengoptimasi SEO. Langsung saja dibahas, kita mulai dari fitur yang pertama di blogspot yaitu RSS Feed.

RSS Feeds

Mungkin Anda tahu dengan fitur blogspot yang satu ini. RSS Feed adalah fitur blogspot yang berfungsi memudahkan pengunjung blog untuk berlangganan artikel. Fitur ini juga bisa digunakan untuk mengoptimasi SEO. Walau begitu, RSS Feed sering digunakan untuk mencuri konten-konten artikel kita, hal ini disebabkan oleh blogger yang pemalas. Jika begitu maka akan terjadi yang namanya duplikat konten.

Untuk mengatasi anda dapat memanfaatkan fitur RSS Feed pada blogger, dengan cara :
  1. Masuk Ke Blogspot > Setelan > Lainya 
  2. Pada Umpan Situs, Anda lihat di Izinkan Umpan Blog 
  3. Kemudian Pilih Singkat
  4. Search Engine Optimization
Jika Anda sudah mengaktifkan ini maka insyah allah akan aman dari blogger pemalas yang mau mencuri konten kita. Tapi hal ini akan berdampak buruk, khususnya untuk pengunjung yang berlangganan melalui RSS Feed, karena setiap kita update artikel maka pengunjung harus mengunjung blog kita. Tapi mau gimana lagi.

Tag Meta Deskripsi

Yang Kedua, salah satu fitur yang tidak kalah keren dari fitur blogspot lainya, yaitu tag meta deskripsi. Untuk Menggunakan fitur ini Anda tinggal memasukan deskripsi dari blog, caranya cukup mudah, berikut caranya :
  1. Masuk Ke Blogspot > Setelan > Preferensi Penelusuran 
  2. Lalu lihat pada Tag meta dan klik Edit 
  3. Pilih Ya, dan masukan deskripsi dari blog Anda (maksimum 150 karakter) 
  4. Klik Simpan Perubahan
Hal ini bertujuan agar blog Anda ditemukan di mesin pencari dengan keyword-keyword yang mengandung dari deskripsi blog Anda.

Robots.txt Khusus

Robots.txt adalah sebuah file.txt yang ada pada sebuah website yang berisi perintah-perintah untuk membolehkan halaman web untuk terindeks oleh spider mesin pencari. Untuk cara mengatur fitur ini, caranya cukup mudah, yaitu :
  1. Masuk Ke Blogspot > Setelan > Preferensi Penelusuran 
  2. Lihat pada perayap dan pengindeksan dan fokus pada robots.txt khusus 
  3. Klik Edit dan masukan kode berikut
    User-agent: Mediapartners-Google
    Disallow: 
    
    User-agent: Googlebot
    Disallow: /search
    Disallow: /?m=1
    Disallow: /?m=0
    Disallow: /*?m=1
    Disallow: /*?m=0
    
    User-agent: *
    Disallow: /search
    
    
    Sitemap: http://sederettutorial.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Tag Meta Robot Khusus

Hampir sama dengan robots.txt, yaitu berfungsi untuk merintah halaman untuk boleh di index atau tidak oleh spider mesin pencari dan beberapa perintah lainya.

Walaupun hampir sama, kita juga perlu menggunakan fitur ini, dengan cara :
  1. Masuk Ke Blogspot > Setelan >Preferensi Penelusuran 
  2. Pilih ya, lalu atur seperti gambar berikut

Tag Meta Deskripsi Postingan

Fitur yang satu ini menurut saya sangat keren dan bagus. Karena fitur ini sangat berdampak baik agar artikel onpage, sebab Anda akan memasukan meta deskripsi dari postingan. Cara penggunaanya pun sangat mudah tidak seperti dulu yang masih memakai kode untuk menggunakanya. Caranya yang sekarang lebih manual, yaitu :
  1. Pertama Anda harus mengaktifkan fitur ini dulu agar kotak deskripsi penelusuran bisa ada di bagian kanan ketika Anda menulis artikel. Caranya mengaktifkanya yang sudah bahas tadi di atasa 
  2. Jika sudah diaktifkan, Anda tinggal memasukan deskripsi penelusuran, seperti gambar berikut.

Properties Gambar Postingan

Untuk Anda yang menggunakan gambar untuk postingan wajib menggunakan fitur blogspot yang satu ini. Demi meningkatkan SEO pada blog. Anda akan menambahkan alt dan title dari gambar tersebut. Caranya sangat mudah :
  1. Klik gambar dan klik properties 
  2. Masukan alt dan title gambar

Tautan Permanen

Mungkin biasanya Anda jika membuat artikel, permalink artikel dibuat secara default dan biasanya hanya dibatasi 6 kata. Tapi jika Anda menggunakan fitur ini, Anda bisa mengatur/mengedit permalink dengan sesukan hati. Ini dikhususkan untuk Anda yang mau menembak long tail keyword.
  1. Caranya sangat mudah, Anda tinggal lihat di bagian kanan pada saat Anda menulis artikel.
  2. Klik Tautan permanen > Klik Tautan Permanen Khusus > Setelah itu masukan permalink sesuka hati sobat.